Rabu, 23 Januari 2013

Nostalgila Jaman SD



Tiba-tiba aja gue keinget jaman dulu waktu kecil. Kangeeeeeeeeen.. Jaman-jaman di mana nilai rupiah masih cukup tinggi, ya, seenggaknya ga serendah nilai rupiah yang sekarang. Dulu tuh, ya, waktu kelas 1 SD jajan aja senilai 100 atau 200 perak. Kalo dibandingin sama jaman sekarang nilai segitu, tuh, hampir ga ada artinya, tapi pas jaman gue SD itu nilai uang segitu juga udah cukup buat jajan. Masih agak wah juga sih kalo inget jaman SD itu. Pas kelas 2 SD jajan 300 perak, well, kadang suka dikasih bonus sama mami jadi 600 perak. Gue inget banget, senengnya setengah mati pas dikasih jajan 600 perak, soalnya lebihnya banyak banget kalo dikasih uang jajan segitu. Nih, ya, beli nasi pake sayur labusiam aja 200 perak, sisanya buat beli ciki mi goreng atau tic-tic atau anak mas (itu nama makanan paporit pas SD) palingan. Awesome, deh, ya jaman dulu itu. Eh, tapi seiring dengan berjalannya waktu nilai rupiah jadi menurun dan harga barang jadi makin naik. Sejak itu harga nasi uduk jadi 500-700 perak (kalo ga salah), burger 1000 perak. Hemm.. Pas kelas 6 SD pun jajannya jadi 2000an. Tapi itu masih jauh lebih murah kok dibandingin sama jajan anak sekarang, mungkin 30 kali lipat lebih hemat haha. Mungkin karna krisis dulu kali ya jadinya inflasi dan nilai uang semakin rendah, hem..

Oya, gak cuma cerita uang jajan, tapi masa-masa pas SD mungkin jadi masa-masa paling seru dan sekaligus paling jorok buat gue hihihi. Mainan jaman dulu itu sekitar:
 -  Main layangan
 -  Sepedahan
 -  Main masak-masakan
 -  Main lomba cari kecebong
 -  Main berantem-beranteman
 -  Main sepatu roda
Nah, mainan yang pertama itu seru, bisa juga dibilang hobi jaman dulu. Main layangan paling enak dilakukan di loteng, duduk di atas genteng rumah sambil tarik-ulur benang layangan. Eits, gak cuman main layangan, tapi kita orang juga suka ngejar layangan hahaha walopun tau sebenernya ngejar layangan itu bahaya, tapi ya esensinya kadang didapet dari situ haha.
Kebiasaan kedua, sepedahan. Wih, sepedahan itu sehat tapi juga asik. Dulu paling hobi muter-muter komplek cari taman buat main, atau mungkin sekedar bersepeda sambil bertualang sampe ke daerah duta kranji. Paling kocak dan paling bodoh itu pas kita petualang dikejar sama penjahat. Kalo kata gue itu paling bego dah. Gak tau gimana cerita awalnya, yang jelas waktu itu teteh sama johan bilang katanya ada penjahat yang ngejar-ngejar kita. Sebenernya, sih, gue ga tau itu beneran atau gimana, tapi yaa ikut-ikut aja deh. Kocak banget, kita itu sampe bawa-bawa paku payung buat disebar di jalan kalo penjahat itu ngejar kita lagi. Udah gitu pasang tampang serius kalo lagi sepedahan hahaha jadi anak aneh banget sih ya haha.
Terus mainan paling seru lainnya adalah main masak-masakan! Weits, ini bukan sekedar main masak-masakan yang biasa dimainin anak perempuan. Peralatan gue dan teman-teman tuh ga ada yang terbuat dari plastik. Dan, asal tau aja, kita main masak-masakannya pake api beneran coy. Seru! Beli minyak tanah, beli minyak sayur, bikin tungku dari batu bata, cari bahan masakan yang aneh.. Itu semua cuma buat main masak-masakan. Bagian paling lama adalah mencari bahan makanan. You know what, kita harus keliling komplek dulu naik sepeda buat nemuin taneman pagar yang menghasilkan mie-mie-an. Tau gak? Mie-mie-an yang warna kuning yang ada di atas taneman pagar itu lho, entah apa namanya ga tau. Selain mie-mie-an kita juga ambil buah ceri kampung buat jadi pelengkap. Serunya sih ini dilakukan menjelang siang, sambil manjat pohon, sambil nyari buah, sambil duduk-duduk juga nikmatin minuman es di atas pohon hihi. Dan terakhir yang paling penting adalah mencari ikan cereee.. Tau kan ikan cere itu apa? Ikan yang biasanya ada di got, ikan yang kecil kecil banget itu. Hemm.. kadang yaa nyarinya itu gak cukup pake serokan atau saringan doang, kita juga harus terjun langsung ke..... got-nya! Hahahaha.. tapi ga semua got bisa dimasukin kaki atau apa lho. Cuma got yang di belakang SMP 14 doang yang bisa, soalnya gak kotor dan gak ada lumut yang ngambang-ngambang. Tapi tetep aja, jorok bet yak. Hahahaha.. itu kenapa gue bilang masa SD adalah masa paling jorok, iyalah, orang mainannya di got haha. Terus bahan makanan lainnya ya tinggal cari yang deket deket aja, misalnya kangkung liar, seledri palsu (taneman yang daunnya mirip seledri, baunya mirip, tapi bukan seledri), dan lain-lain sesuai mood mau masak apa. Oiya, perlu diinget, semua makanan yang dimasak gak ada yang dimakan lho yaaa. Inget, jangan sampe dimakan. Siapa tau ada yang mau ngikutin mainan masak-masakan kaya gue haha (seru sendiri).
Seterusnya, main lomba cari kecebong. Yah.. itu mah ga usah diceritain, joroknya sama kok sama mencari ikan ceree hahaha tapi ini ada lahan tambahan, biasanya kalo lapangan subulus banjir kita orang nyari kecebong juga di situ hehe.
Sisanya main yang lain-lain. Main sepatu roda.. yang gue inget dari ini adalah.. Teteh nyemplung ke got karna ngebut dan badannya jadi bau hahahahahaha.. Jahat bet yak ngetawain orang yang ketimpa musibah haha. Tapi kasian juga sih, gara-gara nyemplung ke got itu teteh jadi dimarahin mami hihihi. Selain itu yang gue inget cuma keseruannya saat lomba sepatu roda pas 17 agustusan. Eh, gue sih jadi anak bawang aja, maklum ga jago jago banget waktu itu hehe.
Oya, gegara hobi mainan mainan aneh di atas, gue jadi suka diledekin sama temen-temen sekolah. Itu tuh, biasa, anak-anak cowo yang bandel bandel. Ada aja lah gue dibilang kaya laki-laki karna mainnya sama anak laki-laki dan dibilang ga punya temen cewe. Semena-mena itu anak-anak ngeledekin gue di sekolah. Mereka ga tau aja gue kan juga suka main barbie dan boneka kecil-kecilan sama anak cewek. Hemm.. tapi ga seru sih main gituan, abis anak-anak cewe itu dulu bawel, iri-iri-an, sama ledek-ledekan mainnya. Malesin banget deh pokoknya anak cewe itu. Mending kita orang main layangan sama bikin rujak di rumah bayu hihi. Eiya, dulu ada tuh temen namanya bayu, dia cowo tapi agak lembut gitu. Nah gue, teteh, bayu, kadang sama johan, suka bikin rujak di atas loteng rumahnya bayu. Seru! hihihi..

Hemm.. cerita apa lagi ya.. Oya, satu lagi hobi yang paling dihobiin (ini hobi bagus lho) adalah renang. Jadi dulu tuh sama papi sama teteh sukaaaaa banget berenang. Kolam renang favorit jaman dulu itu di perumahan Palem Indah. Dan lompatan indah melengkung (bagi gue indah lho bisa lompat ke kolam dengan garis melengkung, seenggaknya indah buat anak SD dulu hihi) bisa dilakukan dengan sempurna pas kelas 5 SD, seinget gue sih gitu hihi.


Oya, udah dulu ah nostalgianya. Hari ini mau menghadapi present life dulu. Siap-siap berangkat kuliah! Daaaaaaaaaaaaaah..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar