Kamis, 27 November 2014

Brownies Panggang



 (Maaf, presentation-nya tidak sebagus yang kamu bayangkan yaa? hehe)


Haii, teman-teman..
Apa kabar? Semoga selalu dalam kondisi sehat wal afiat, yaa. Aamiin..
Langsung aja yuk, kali ini aku mau share resep Brownies panggang versiku. Hmm.. Sebenernya ini bukan resep asli, tapi resep ini sudah aku modifikasi sehingga rasanya sesuai lidahku. Hehe. Oiya, tau, gak? Sebelum resepku rampung, aku udah eksperimen berkali-kali dengan hasil yang beragam, dari mulai resep asli yang rasanya kemanisan, lalu kemudian terlalu bantat, kemudian lagi terlalu kebanyakan cokelat cair dan lupa pake baking powder, sampai terakhir.. yah, agak lumayan, lah, daripada lumanyun ;) (apasih?)
Udah, yah, dari pada kelamaan basa-basinya mendingan langsung disimak, yuk, resepnya :)




Bahan Dasar
(1 loyang ukuran 20 x 20cm)

2 butir telur
150gr Gula Pasir
100gr Mentega/Margarin
100gr Terigu Serbaguna
55gr Cokelat Bubuk (aku pakai Van Houten)
65gr Dark Chocolate, lelehkan
200ml Susu Cair (Fullcream)
1sdt Spekkuk
1/2sdt Baking Powder



Cara Membuat:


1. Siapkan mangkuk, masukkan telur dan gula pasir, menggunakan hand mixer kocok denganspeed rendah hingga bahan tercampur kemudian gunakan speed tinggi hingga telur dan gula mengembang. Tambahkan mentega dan teruskan mengocok hingga mentega tercampur baik. Proses ini tidak memakan waktu lama (1 - 2 menit saja). Matikan mikser.


2. Masukkan tepung terigu dan coklat bubuk dengan cara diayak langsung diatas adonan telur dan mentega, tuangkan secara bergantian dengan susu cair dan cokelat yang telah dilelehkan. Kira-kira bagi masing-masing menjadi 3 tahapan, aduk ringan setiap tahapannya dengan spatula hingga menjadi adonan yang lembut dan tercampur baik. Terakhir tambahkan spekkuk (sebenarnya ini bisa menyesuaikan selera, kalau tidak suka, boleh tidak dipakai) dan tambahkan baking powder. (Oya, kalau aku juga pake soda kue 1/2sdt, tapi hasilnya agak lebih ngembang, hehe).



3. Proses membuat adonan telah selesai, sekarang waktunya menuangkan adonan ke atas loyang yang telah diolesi margarin/mentega secara merata. Untuk topingnya, bisa langsung anda tambahkan ke atas adonan, atau jika tidak suka, bisa nanti saja belakangan (setelah browniesnya matang).


4. Panaskan oven pada suhu 250 derajat celcius (kalau saya suka memakai panas yang maksimal, hehe) selama 10 menit. Setelah oven panas, panggang adonan brownies selama kurang lebih 40 menit. Setelah 30 menit(an), periksa kue, apakah telah matang atau belum. Caranya, anda bisa menusukkan kue dengan lidi atau tusuk sate (yang bersih yaaa..).




Apabila masih ada sisa adonan yang lengket pada batang tusuk sate, maka kuenya belum matang. Jika begitu, terus panggang kue sampai tak ada lagi adonan lengket yang menempel pada batang tusuk sate.




5. Wah, akhirnya sudah 40 menit berlalu. Jika adonan telah matang, segera angkat kuenya, yaa.. lalu diamkan selama beberapa waktu sampai suhunya menurun dan agak sejuk. Setalah itu kamu bisa mengeluarkannya dengan cara meletakkan piring di atasnya kemudian balik kuenya.




Sekarang kuenya dalam keadaan terbalik di atas piring. Siapkan piring satu lagi, letakkan piring tersebut diatas kue dan balik lagi kuenya. Sekarang kuenya sempurna berada di atas piring, tinggal dipotong potong saja.
Kue siap disajikan!



Nah, begitu kira-kira cara mebuat brownies panggang. Cukup mudah, kan, untuk pemula?
Oya, by the way, maaf yaa fotonya ga lengkap, soalnya aku lupa foto-fotoin, terlalu sibuk wekekeke.
Oke, deh, selamat mencoba, yaa!! Keep cooking with joy!! *muaahh*




Tidak ada komentar:

Posting Komentar