Minggu, 20 Oktober 2013

Memoir of My Grandma

For the uncounted times, I miss my grandma yang hidup bareng sejak aku lahir. Aku manggil nenekku dengan sebutan "iyak", hemm.. semua cucunya juga begitu.
Iyak.. hemm.. iyak itu sosok nenek yg sayang sama cucunya. They said, aku termasuk salah satu cucu kesayangannya. Percaya gak percaya, tapi emang gitu kenyataannya.
Jadi inget, dulu waktu kecil tuh suka tidur sm iyak. Suka masak kue sm iyak setiap mau lebaran. Masak menu makanan tiap hari juga diajarin iyak, termasuk dendeng balado yang top markotop. Hihi. Syeneeeng banget kalo inget masa-masa itu.
Asal tau aja, iyak itu koki masakan padang yg jago bikin makanan enak. Walopun udah lanjut usia, iyak tetep semangat masak dan rasa masakannya juga makin tambah markotop. Wuh! Jadi ngidam dendeng baladonya. You have to try! Tapi udah gak mungkin yaaa..
Oiya, ada salah satu hal yg paling aku suka, kutilnya iyak. Hahahaha itu letaknya di kaki kiri bawah paha atas dengkul sisi kiri. Ih bikin emeeeeeesshh! Abis ya, itu kan keras ya, terus kalo dipencet kenceng-kenceng ga ada rasanya. Yaudah gitu aja jadinya suka emesh mencetin kenceng-kenceng sampe iyak bilang sakit. Tapi nyatanya ga sakit-sakit haha.
Teruuuuus rambut iyak tuh panjang, sepinggang. Seneng banget dulu dandanin rambut iyak. Dikepang-kepang, dikonde-kondein, dijadiin eksperimen salon aku sampe rambut iyak kusut dan nyangkut di sisir. Tapi walopun kusut gitu iyak ga marah lho sama aku.. mhehehehehe.
Oiya, iyak tuh baik sebenernya, walopun kadang suka cerewet (semua orang termasuk aku juga cerewet) hehe. Tapi ya, iyak tau kapan waktunya marah, kapan waktunya nggak marah.
Aduuuuh.. inget banget deh tuh waktu ngilangin sepeda bulldog baru. Papi marah-marah karna aku ga inget pesennya supaya ga keluar rumah pas mau magrib. Begitu keluar rumah bawa sepeda, udah deh ludes itu sepeda gegara dihipnotis. Nah, pas papi marah-marah itu, mami juga malah ikut marah-marah, ikut ngebom juga. Padahal mah udah sedih banget, merasa bersalah dan takut banget. Pas waktu itu cuma iyak yang ngebelain. Cuma iyak yang berani marahin papi karna udah kelawatan ngehukum anaknya. Cuma iyak yg bisa dipeluk dan dipinjem bahunya buat nangis.. (aduh jd pengen nangis juga). Yaaahh.. cuma iyak yg pengertian waktu aku kecil.
Bener-bener masa-masa itu bikin kangen banget. Dan bikin nyesel juga. Nyesel kenapa? Karna semakin umurku bertambah, semakin berkurang pula masa-masa itu. Yaa.. akunya sih yg gitu. Gitu gimana? Yaa gitu deh pokoknya.
Hemm.. sampe pada akhirnya.. suatu hari iyak jatuh pas subuh-subuh dan persendian antara tulang kaki dan badan jadi sakit. Dari kejadian itu, iyak jd susah jalan, susah ngapa-ngapain. Walaupun sudah dibawa ke ahli tulang dan pengobatan rutin pun tetep ga sembuh. Dan semenjak itu iyak jd rentan, jadi suka sedih. Kalo aku jd iyak juga akan sedih, jalan mesti pake tongkat dan kursi roda :'(
Bertahun-tahun kaki iyak ga sembuh juga. Kondisi fisik iyak juga makin lemah karna sedikit bergerak. Sampai pada suatu ketika iyak dipanggil sama Yang Maha Kuasa. Huhu
Sedih banget ditinggalin iyak. Dan yang paling bikin sedih aku belum menjadi cucu yang baik buat iyak, malah jadi cucu yang acuh. Bodoh banget. Bodooooohh banget jadi cucu.
Sedihnya lagi aku ngerasain hari-hari sebelum iyak pergi. Tiap malem iyak ngeluarin suara, kaya manggil tapi bukan manggil. Dalem hati, kukira iyak minta dibacain doa atau
minta dingajiin. Kemudian dua hari sebelum iyak pergi, di kamarnya ada angin aneh dan suasana kamarnya jadi sayu. Begitu di depan pintu kamar (pintunya kebuka), aku ngambil kertas yg jatuh, tiba-tiba aja perasaanku gak enak. Deg! Dan tiba-tiba ngebatin, 'apa ini udah waktunya buat iyak?' Tapi tetep, aku ga percaya sama hati sendiri, aku gamau itu jadi pertanda buruk, gamau iyak pergi beneran.
Tapi ternyataaa.. besoknya iyak minta pergi ke rumah bunde (tanteku) di pdk.kelapa. Sehari di sana, besoknya, hari senin, pagi-pagi iyak diajak ngaji dan dituntun baca 2 kalimat syahadat sm bunde. Setelah itu terucap.. iyak menghembuskan nafas terakhirnya :'(
Shock, sedih, dan ga tau mesti gimana. Paling bikin sedih lg, karna aku belum jadi cucu yg baik buat iyak. Dan aku nyesel banget. Sampe sekarang masih suka kebayang-bayang. Harusnya aku nyuapin iyak, bukan naroin dan nyajiin makanan di meja iyak. Harusnya aku gantiin baju iyak, bukan naroin baju di atas kasurnya. Harusnya aku matiin AC tiap subuh karna ternyata iyak suka kedinginan. Harusnya banyak hal yg bisa aku lakukan untuk bikin iyak nyaman. Tapi.. dulu aku belum sadar sampe akhirnya iyak pergi di hari Senin di bulan Oktober. Huff..
Setelah iyak pergi, banyak banget bayang-bayang memori yg muncul sampe-sampe kebawa mimpi. Sekarang pun rasanya kurang kalo ga ada iyak, apalagi pas lebaran. Kerasa banget. Tapi gimana pun keadaan di sini sekarang, semoga iyak tenang dan bahagia di alam sana. Semoga iyak mendapat kebahagiaan yang belum pernah dirasain di sini. Aku minta maaf kalau belum jadi cucu yg baik, tapi sebenernya aku sayang sama iyak. Semua memori dan ingatan tentang iyak akan selalu ada untuk jadi sebuah kenangan buat cucunya. Semoga suatu saat nanti bisa bertemu lagi sm iyak walau di alam yang berbeda.
I miss you my grandma :'(

Tidak ada komentar:

Posting Komentar