Minggu, 11 November 2012

Permainan Anak



Gi, gi, gi, gileeeee..
Malam ini gue lagi pengen banget nyampah di situs jejaring sosial, bahkan sampe di blog pun gue mau nyampah! Maklum ga ada kerjaan (padahal harusnya latihan) ckck

Oh, ya, tiba-tiba keinget jaman kecil, pas gue SD dulu. Keingetan dulu gue pas anak-anak mainannya kayanya banyak, bedaaaaaaa banget sama anak-anak jaman sekarang. Eh, maksud gue di sini mainan anak-anak yang di luar ruangan yaa, bukan cuma sekedar boneka barbie atau atau game digital.

Kalian tau gak permainan yang disebut galasin? Nah! Itu permainan favorit banget tuh di blok rumah gue. Buat yang belom tau apa itu galasin, nih, baca penjelasan dari Wikipedia:
" Galah asin, galasin, atau gobak sodor adalah sejenis permainan daerah dari Indonesia. Permainan ini adalah sebuah permainan grup yang terdiri dari dua grup, di mana masing-masing tim terdiri dari 3 - 5 orang. Inti permainannya adalah menghadang lawan agar tidak bisa lolos melewati garis ke baris terakhir secara bolak-balik, dan untuk meraih kemenangan seluruh anggota grup harus secara lengkap melakukan proses bolak-balik dalam area lapangan yang telah ditentukan. "

Nah, siapa, sih, yang gak pernah main galasin waktu kecil? Seru permainanya. Menurut gue itu permainannya dapat mengasah kemampuan anak dalam berpikir dan bertindak. Hemm.. sadar ga sadar otak kita bakal muter cara mana yang paling tepat supaya kita bisa mencapai garis terakhir secara bolak-balik. Udah gitu permainan ini butuh kegigihan yang tinggi, sampe-sampe temen gue dulu ada yang lompat dan serta merta meluncur saking dia gak mau kena penjaga, alhasil dia terbang melayang nyungsep di deretan pot-pot taneman tetangga. Hahahaha.. (gue masih suka ketawa geli kalo inget mimik orangnya hahahaha). Ga cuma itu doang, ada lagi temen saking hati-hatinya ga mau kena penjaga, dia selalu memberi jarak yang jauh antara dia dengan slodor (penjaga di garis tengah) sampe-sampe secara ga sadar dia mundur-mundur terlalu jauh dan akhirnya kecebur got hahahaha. Sumpah kocak banget, tapi sebenernya waktu itu gue kasian liatnya, udah mana itu pas malem-malem lagi. Cuman gue sekarang ga bisa nahan ketawa kalo inget kejadian itu haha.

Oh, ya, gak cuman galasin yang getol dimainin sama anak-anak blok, mainan yang satu ini juga, nih, namanya: Benteng! Tau gak apa itu permainan benteng? Pokoknya ini permainan antara dua tim dalam mempertahankan bentengnya agar tidak tersentuh oleh lawan, kalo lawan berhasil menguasai benteng, ya, artinya tim kita kalah. Biasanya benda yang suka dijadiin benteng itu berbentuk tiang, tepatnya tiang listrik, bisa yang besi doang atau yang semen. Nah, permainan benteng ini memerlukan strategi dan energi yang sangat ekstra, sob, soalnya capek boook lari-lari dikejar atau mengejar lawan. Semakin lari kita kencang, semakin bagus strategi, semakin kuat juga tim kita (kayanya sih gitu). Ini permainan juga seru sih kata gue, cuman sayanganya kalo main ini gue pasti jadi anak bawang (T_T) abisnya ga jago main yang cape-cape sih, ckckck.

Eh, terus permainan apa lagi ya? Gue satu lagi baru inget permainan Loncat Gunung (gue sih nyebutnya gitu) atau dalam istilah bahasa inggris disebut Hopscotch.


Permainan ini kerjanya tuh kita lemparin batu jagoan kita ke dalem kotak-kotak yang tersedia, setelah itu kita melompat dengan satu kaki ke setiap kotak-kotak yang ada (kecuali kotak yang ada batu kita). Kalo kotak nomor 4,5,7, dan 8 gak ada batu kita, di situ kita bisa napakin kedua kaki, dan di kotak 7 dan 8 kita memutar badan dan balik lagi ke tempat kita sebelumnya tanpa lupa ngambil batu. Kalo udah berhasil ngelewatin kita bisa dapet giliran untuk melempar batu ke kotak berikutnya, begitu seterusnya sampe ke gunung (nomor 9) tanpa kena garis ya. Kalo di gunung cara ngambil batunya beda, kita harus duduk di kotak nomor 7/8 membelakangi gunung, pas duduk itu lah kita cari batu kita sampe dapet. Nah, abis nomor 9 itu, biasanya sih gue ada nomor 10-nya kalo main, rest area yang artinya kita sudah tamat permainannya. Untuk bisa lompat ke nomor 10, kita harus ngelempar batu di atas gunung itu, terus lompat, lompat, lompat, dan kita harus menyentuh batu kita sebagai tanda sah kita selesai dalam permainan. Kalo ga kena batu, ya, gue biasanya ulang lagi dari awal. Makanya kadang gue ngira-ngira jaraknya lama untuk nomor sepuluh itu, biasanya sih gue deketin aja ke gunung supaya pas mau lompat gak kejauhan.

Oh, ya, gak cuma lompat-lompat doang, ini permainan kadang suka diimprovisasi sama anak-anak. Jadi abis kita lompat sampe nomor 10 kita belum dibilang selesai atau tamat, tapi tantangannya meningkat. Mulai dari ngebawa batu di telapak tangan yang dibuka, pertama telapak tangan putih terus telapak tangan hitam (yg atas), sampe ngebawa batu di atas kepala. Kalo ngebawa batu yang di atas kepala kita dikasih keringanan, kita bisa jalan aja alias gak perlu melompat tapi tetep kakinya gak boleh kena garis ya.

Nah, segitu deh gue ceritanya. Inget permainannya gue makin kangen sama jaman anak-anak, seru! Semoga jaman anak-anak sekarang dan jaman anak-anak masa depan tetep ada permainan kaya gini ya..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar